Manfaat Hutan Sabana

Manfaat Hutan Sabana
Manfaat Hutan Sabana

Hutan sabana adalah area hutan yang berlokasi di kawasan atau daerah gersang dengan jumlah pohon yang sedikit, kebanyakan rumput dan ilalang. 

Sedangkan pengertian sabana sendiri di KBBI adalah padang rumput yang ada pepohonannya. Hutan sabana termasuk salah satu jenis hutan yang pengklasifikasinya berdasarkan iklim. Padang sabana mudah ditemukan di daerah Indonesia bagian timur contohnya pulau Kenawa di Sumbawa.

Hutan adalah paru-paru dunia. Pada dasarnya bumi adalah laut dan hutan. Segala sesuatu yang ada di bumi sangat bergantung pada hutan. Hutan memberikan manfaat yang sangat beragam. Salah satu manfaatnya yang paling penting adalah sebagai penghasil oksigen yang digunakan oleh manusia untuk bernapas.

Manfaat hutan sabana adalah salah satu informasi langka yang jarang diketahui oleh orang-orang. Sebagian besar orang yang mengetahui bahwa sabana atau savana adalah sebuah padang rumput yang luas. Namun, sebetulnya savana atau sabana adalah sebuah hutan yang juga ditumbuhi beberapa jenis pohon berkayu yang terletak dengan jarak yang cukup jauh.

Penjelasan tentang hutan sudah banyak diketahui oleh khalayak. Namun, belum banyak penjelasan tentang hutan sabana. Maka dari itu, berikut informasi tentang manfaat hutan sabana beserta pengertian, ciri-ciri, dan contohnya.

Pengertian Hutan Sabana

Menurut bahasa sabana berarti padang rumput yang ada pepohonannya. Sedangkan hutan sabana adalah area hutan yang bertempat di kawasan atau daerah yang gersang. Hutan sabana memiliki jumlah pohon yang sedikit. Sebagian besar dihuni oleh rumput dan ilalang.

Dilansir dari laman lindungihutan.com, hutan sabana ini terbentuk di daerah perpaduan antara tropis dan subtropis. Hal ini disebabkan karena curah hujan yang sangat sedikit, yang menyebabkan wilayah hutan sabana ini terbentuk. Hutan sabana juga dikenal dengan sebutan padang rumput tropis.

Baca juga : Membakar Hutan Merupakan Tindak Pidana

Hutan sabana ini ada adalah karena iklim. Iklim yang dimaksud adalah ketika tidak terlalu kering untuk menjadi sebuah padang pasir, akan tetapi juga tidak terlalu cukup basah untuk menjadi hutan. Maka dari itu, wilayah seperti ini biasanya akan terbentuk hutan sabana.

Suhu rata-rata di hutan sabana biasanya cenderung lebih hangat dan stabil sepanjang tahun. Padang rumput atau hutan sabana tetap memiliki potensi hujan meskipun memiliki suhu yang panas. Walau demikian, hutan sabana juga bisa mengalami perubahan tergantung dengan curah hujan. Hutan sabana akan berubah menjadi semak belukar ketika suhu kering, akan tetapi bisa menjadi hutan yang basah ketika curah hujan tinggi.

Ciri-Ciri Hutan Sabana

Setelah diketahui pengertian hutan sabana, maka dari itu, berikut ini adalah ciri-ciri hutan sabana yang perlu untuk Anda ketahui, dilansir dari lindungihutan.com:

  1. Hewan di Sabana Mampu Menghemat air
  2. Suhu Udara Cenderung Panas Sepanjang Tahun
  3. Terdapat di Daerah Khatulistiwa dan Beriklim Tropis
  4. Iklim yang Bertolak Belakang
  5. Jenis Flora Didominasi Rerumputan
  6. Memiliki Resapan Air dan Pengairan yang Baik

Manfaat Hutan Sabana

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri hutan sabana, maka dari itu perlu juga diketahui manfaat hutan sabana. Hutan sabana adalah hutan yang unik dan tidak banyak ditemukan di belahan dunia. Maka dari itu, hutan ini tentu memiliki manfaat yang tidak banyak orang tahu. Berikut ini adalah manfaat hutan sabana dilansir dari laman ilmugeografi.com,

1. Menyimpan Cadangan Air

Salah satu karakteristik hutan sabana adalah pepohonan yang tumbuh adalah jenis pohon yang bisa menghemat cadangan air. Ini tentu merupakan manfaat hutan sabana yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. 

Baca juga :  Penertiban Penambang Nikel Ilegal di Kawasan Hutan Lindung Konawe Utara

2. Menjadi Rumah bagi Hewan dan Tumbuhan

Sebagaimana hutan pada umumnya, hutan sabana juga memiliki fungsi sebagai rumah bagi hewan dan tumbuhan. Karena banyaknya jenis tumbuhan yang ada di hutan sabana, maka hutan sabana menampung berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang ada di sana. Selain itu, hewan di hutan sabana juga bisa mencari makan, karena cadangan makanan di hutan sabana sangatlah banyak.

3. Sebagai Tempat Wisata

Seperti halnya yang sudah disebutkan di atas bahwa hutan sabana menyimpan keindahan alam yang luar biasa, maka dari itu, orang akan mempertimbangkannya untuk digunakan sebagai tempat wisata. Anda bisa menggunakan padang sabana atau hutan sabana sebagai tempat untuk bisa menikmati alam. Selain itu, hutan sabana juga indah untuk bisa digunakan sebagai spot fotografi.

4. Mencegah Tanah Longsor

Manfaat hutan sabana yang pertama adalah mencegah tanah longsor. Tanah longsor adalah kondisi alam yang disebabkan karena kurang kondisi tanah yang tidak terikat. Biasanya ini terjadi karena tidak adanya pepohonan yang tumbuh di tanah tersebut. Hal itu membuat tanah menjadi longsor. Hutan sabana dapat mencegah tanah longsor karena banyaknya tumbuh-tumbuhan dan rerumputan yang tumbuh di sana.

5. Menambah Nilai Keindahan Alam

Salah satu yang juga tidak kalah penting dari manfaat hutan sabana adalah menambah nilai keindahan alam. Keindahan alam di hutan sabana ini memang cukup bisa diakui. Karena hutan sabana adalah padang rumput yang sangat luas yang tidak dihalangi oleh pepohonan yang besar. Maka dari itu, Anda bisa menikmati keindahan alam di hutan sabana.

Contoh Hutan Sabana di Indonesia:

  1. Hutan Sabana Baluran, Jawa Timur.
  2. Hutan Sabana Gunung Bromo, Jawa Timur.
  3. Sabana Cidaon, Taman Nasional Ujung Kulon.
  4. Sabana Gunung Merbabu, Taman Nasional Gunung Merbabu.
  5. Sabana Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur.
  6. Sabana Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.
  7. Sabana Tanjung Ringgit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
  8. Sabana Sembalun, Gunung Rinjani.
sumber : merdeka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bappeda Blitar Tinjau Tapal Batas Lahan Kompensasi Ponpes Nurul Ulum dan Pertamina

KPH Mukomuko minta perambah hutan bentuk koperasi

Kemendagri Perkuat Komitmen Pemda Kelola Sampah DAS Citarum