Kebakaran Hutan Tahun Ini di Eropa Hampir Lampaui Rekor Baru

Kebakaran Hutan di Eropa

Hampir sekitar 660,000 hektar ahan Eropa telah dihancurkan oleh kebakaran tahun ini, menurut data Uni Eropa. Skala kehancuran tahun ini akan menjadi yang terburuk sejak rekor dimulai pada 2006.

Peringatan itu datang ketika benua itu mengalami gelombang panas musim panas yang parah dan kekeringan, yang menurut para ilmuwan merupakan akibat dari perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia, demikian seperti dikutip dari MSN News, Senin (15/8/2022).

Hampir 660.000 hektar (1.630.000 hektar) lahan telah dirusak oleh kobaran api antara 1 Januari dan 13 Agustus, angka-angka dari Sistem Informasi Kebakaran Hutan Eropa (EFFIS) menunjukkan.

Itu 56% lebih tinggi dari rekor sebelumnya yang ditetapkan selama periode yang sama pada tahun 2017, ketika 420.913 hektar terbakar.

Jika 2022 mengikuti lintasan yang sama seperti 2017, Eropa berada di jalur yang tepat untuk melihat lebih dari satu juta hektar lahan hancur. Pada 2017 mencapai 988.087.

Skala kehancuran akan menjadi yang terburuk sejak catatan dimulai pada 2006.

"Situasi dalam hal kekeringan dan suhu yang sangat tinggi telah mempengaruhi seluruh Eropa tahun ini dan situasi keseluruhan di kawasan ini mengkhawatirkan, sementara kita masih berada di tengah-tengah musim kebakaran," kata koordinator EFFIS Jesus San-Miguel kepada AFP.

Sejak 2010 telah ada tren menuju lebih banyak kebakaran di Eropa tengah dan utara, dengan kobaran api di negara-negara yang "biasanya tidak mengalami kebakaran di wilayah mereka", tambahnya.

Mereka termasuk Rumania, Austria dan Jerman, data EFFIS menunjukkan.

sumber: liputan6 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bappeda Blitar Tinjau Tapal Batas Lahan Kompensasi Ponpes Nurul Ulum dan Pertamina

KPH Mukomuko minta perambah hutan bentuk koperasi

Kemendagri Perkuat Komitmen Pemda Kelola Sampah DAS Citarum